Langsung ke konten utama

Materi Ajar Kelas 1C Hari Senin 10 Pebruari 2025


Minggu, 09 Februari 2025

Materi Ajar, Senin 10 Februari 2025

Hari/Tanggal : Senin/ 10 Februari 2025        

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

Mata Pelajaran: Bahasa Indonesi

BAB/Tema:5/Bunyi Apa?

Materi Pembelajaran : Bersikap Baik terhadap Teman

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab




Capaian Pembelajaran (CP) :

• Menyimak
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. 
2. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu

memahami informasi dari media audio, teks aural (teksyang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/ataulingkungan.

• Membaca dan Memirsa
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. 
2. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalisehari-hari dengan fasih. 
3. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaandan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. 
4. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru an/ataukosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerahdari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa denganbantuan ilustrasi.
• Berbicara dan Mempresentasikan
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentangberagam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. 
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentangsesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. 
3. Peserta didik mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuangambar/ilustrasi. 
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isiinformasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakankembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengantopik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
• Menulis
1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulispermulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melaluimedia digital. 
2. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. 
3. Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimatsederhana.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi apa, peserta didik membaca dan menulis suku kata yang diawalidengan huruf ‘m’

 

Tujuan Pembelajaran (TP) :

▪ Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentangsikap baik kepada teman, peserta didik dapatmengenali tanda titik pada akhir kalimat sertamembaca dan menulis kata-kata yang diawalidengan huruf ‘m’.

Membaca:

▪ Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada sukukata dan kata yang sering ditemui.

Menulis :

• Menuliskan suku kata sederhana pada kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. 


Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebihdahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqnifahma”


MEMBACA

Bacalah bersama guru dan teman-teman.


Perhatikan tanda titik (.) pada kalimat di atas.

Ikuti cara guru membacanya.

BAHAS BAHASA 

Tanda titik mengakhiri satu kalimat. 

Ikuti guru membaca kalimat ini. 

Lalu, tambahkan tanda titik (.) di belakangnya.



PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telahmengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anaknyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari inidengan perasaan yang bahagia.

 

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersamakeluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri.

Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Hari/Tanggal : Senin/ 10 Februari 2025       

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

Mata Pelajaran: Pendidikan Pancasila

BAB/Tema:4/Aku Cinta Lingkungan Sekitar

Materi Pembelajaran : Aku Cinta Lingkungan Sekitar

Capaian Pembelajaran (CP) :

Peserta didik mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mempraktikan sikap dan prilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerjw sama dalam keragaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran (TP) :

Melalui kegiatan mengidentifikasi denah lingkungan tempat tinggal, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersyukur terhadap anugera Tuhan YME.
• Melalui menganalisa video denah rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan  menuliskan bagian-bagian dari ruangan rumahnya serta cara membersihkan rumahnya.
• Melalui menganalisa denah rumah, peserta didik dapat mengembangkan sikap mandiri.
• Melalui menyimak cerita tentang kondisi rumah yang bersih, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap ruangan-ruangan rumahnya dengan menjaga dan menciptakan kebersihan dan kerapian dan ketertibannya..

Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..Selamat Pagi anak shalih dan shalihahBagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                            

Semoga semua sehat selaludalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..             

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?  Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebihdahuluRadhitu billahi Rabbaawa bil Islami diinawa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqnifahma

Aku cinta lingkungan sekitar

Mencintai lingkungan sekitar adalah sikap yang menunjukkan rasa sayang terhadap lingkungan hidup di sekitarSikap ini harus ditanamkan sejak dini agar menjadi kebiasaan.

Contoh prilaku yang menunjukkan mencintai lingkungan sekitar :

1. Membuang sampah pada tempatnya

2. Menanam pohon dan merawatnya dengan baik

3. Menghemat penggunaaan air

4. Menghemat penggunaan listrik

5. Tidak melakukan pembakaran


Soal latihan

Petunjuk :

1. Lihatlah gambar di bawah ini

2. Peserta didik dapat membuat cerita yang sesuai dengan gambar di bawah ini 


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telahmengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari iniApakah anak-anaknyaman belajar hari iniApa yang telah kalian pelajari hari ini

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari inidengan perasaan yang bahagiaTerimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaranTetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahuluTetap jaga kesehatanselalu menjadi anak yang baik di rumah bersamakeluarga kalian ya

Kesimpulan pembelajaran hari ini

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang sikap baik kepada teman, di harapkan peserta didik dapat mengenali tanda titik pada akhir kalimat serta membaca dan menulis kata-kata yang diawalidengan huruf ‘m’.

Dan siswa dapat Mencintai lingkungan sekitar dengan  sikap yang menunjukkan rasa sayang terhadap lingkungan hidup di sekitar, dan Sikap ini harus ditanamkan sejak dini agar menjadi kebiasaan 


Ibu guru akhiri.

Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi ajar kelas 5C hari Kamis 16 mei 2024 tema 9 subtema 3 PB 1

Materi ajar kelas 5C hari Selasa 14 mei 2024

Materi ajar kelas 5C hari Jumat 17 Mei 2024