Materi Ajar Kelas 1C Hari Kamis 29 Agustus 2024
Hari/Tanggal : Kamis, 29 Agustus 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : Ayo Bermain
Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan menulis
Capaian Pembelajaran (CP) :
Menyimak
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.
Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan
Menulis
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.
Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) :
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda Tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’
Tujuan Pembelajaran (TP) :
Melalui kegiatan menirukan intonasi guru saat membacakan teks nonfiksi “Hati-Hati!” pada Buku Siswa, peserta didik mengenali kalimat tanya, kalimat ajakan, kalimat perintah, dan kalimat larangan.
Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
MENIRUKAN DAN MELAKUKAN
Nyanyikan lagu di bawah ini.
Gantilah kata-kata ‘tepuk tangan’ dan ‘pegang hidung’dengan
kata-kata sendiri, ya.
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, pegang hidung
Kalau kau suka hati, pegang hidung
Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan
Kalau kau suka hati, pegang hidung
BERBICARA
Setelah membaca kalimat di atas, jawablah pertanyaanpertanyaan
guru dengan jelas dan sopan.
1. Mana perbuatan yang tidak boleh dilakukan? Mengapa?
2. Mana perbuatan yang boleh dilakukan? Mengapa?
Ikuti guru membaca kalimat-kalimat di bawah ini.
Gunakan intonasi yang benar, ya.
1. Jangan!
2. Apakah kalian mau bermain denganku?
3. Hati-hati!
4. Apakah kamu terluka?
P5
TEMA : Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRITOPIK : Merancang Transportasi Masa Depan
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
Baik, hari ini kita akan belajar Projek P5 dengan Tema Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI.
Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?
Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^
Hari ini kita akan mengenal perkembangan alat tranportasi pada zaman dahulu dan hingga sekarang.
Yuk kita simak video berikut ini!
https://youtu.be/A_p4avsgBRo
Bagaimana kegiatan kita hari ini? Menyenangkan bukan?
Ibu guru harap kalian semakin paham dengan alat transportasi, sehingga kalian bisa merancang alat transportasi di masa yang akan datang.
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb
Komentar
Posting Komentar