Materi ajar kelas 5C hari Senin 18 September 2023
Materi ajar kelas 5C tema 3 subtema 2 pembelajaran 1
Hari/Tanggal : Senin 18 September 2023
Tema 3 : Makanan Sehat
Subtema 2 : Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan
Pembelajaran : 1
Muatan Pembelajaran : B.Indonesia, ipa
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Anak sholeh sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mengidentifikasikan ciri-ciri bahasa iklan elektronik.
2.Dengan mencermati teks bacaan dan membuat poster, siswa dapat menjelaskan macam-macam gangguan pada organ pencernaan.
Ayo Membaca
Bacalah percakapan di bawah ini dengan cermat!
Dayu | : | “Semalam aku melihat iklan tentang obat sakit perut baru untuk anak-anak di televisi, lho!” |
Udin | : | “Wah, sudah ada iklan baru lagi? Sepertinya itu produk baru, ya?” |
Dayu | : | “Betul! Iklan itu menarik karena iklannya dibuat seperti film.” |
Lani | : | “Ternyata media iklan itu bermacam-macam, ya! Kalau kamu, suka iklan di media cetak seperti di koran dan majalah atau media elektronik?” |
Udin | : | “Kalau aku lebih suka media elektronik karena gambarnya dapat bergerak dan ada suaranya. Jadi lebih seru!” |
Lani | : | “Kalau aku suka kedua-duanya. Sekalipun iklan di media elektronik memang terdengar lebih seru, tetapi iklan di media cetak juga banyak yang bagus. Gambar-gambar yang dipergunakan memiliki warna yang cerah dan kalimat iklannya juga bagus-bagus.” |
Dari percakapan di atas, tuliskan perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik. Samakan pendapatmu dengan pendapat temanmu. Apabila kamu menemukan pendapat yang berbeda lengkapi pendapatmu dengan pendapat temanmu.
Iklan Media Elektronik | Iklan Media Cetak |
---|---|
Iklan media elektronik menyajikan gambar yang bisa bergerak dan biasanya dilengkapi audio. | Iklan media cetak hanya berisi gambar. tulisan, dan tidak ada audio atau suara |
Persamaan : Keduanya punya tujuan yang sama yaitu memberikan informasi atau promosi kepada khalayak tentang suatu produk/jasa .
Ayo Berdiskusi
Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri atas empat siswa. Gunakan kertas gambar A4 dan bagilah menjadi tiga kolom seperti di bawah ini. Diskusikan dengan teman sekelompokmu tentang iklan-iklan yang pernah dilihat/ ditonton, jenis iklan (iklan media cetak atau elektronik), dan alasan kamu mengelompokkannya dalam media tersebut.
Nama Iklan | Media (Cetak/Elektronik (Radio atau Televisi)) | Alasan Pemilihan Media |
---|---|---|
Closeup-Fire-Freeze | Media cetak | Hanya menggunakan gambar dan tulisan |
Iklan Unilever Corporate Ramadhan 2018 | Elktronik (Televisi) | Menggunakan gambar bergerak Menggunakan suara |
Iklan Sabun Livebuoy | Media cetak | Hanya menggunakan gambar dan tulisan |
Iklan Advan i6 Powered Full View Display | Elktronik (Internet) | Menggunakan gambar bergerak Menggunakan suara |
Ayo Mengamati
Kamu akan mengamati temanmu memeragakan iklan yang pernah mereka lihat di televisi. Ikuti langkah-langkah berikut ini.
1. PIlihlah siswa yang akan memeragakan iklan. Pastikan iklan yang dipilih adalah iklan yang menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan iklan tersebut pantas untuk dipertunjukkan.
2. Berikan tanggapan dalam bentuk berikut ini.
Dari kegiatan di atas, apa yang dapat kamu simpulkan? Tuliskan kesimpulanmu (perhatikan tanggapanmu pada poin kedua dan ketiga). Gunakan tanggapan tersebut sebagai bahan untuk membuat kesimpulan.
Kamu akan mengamati temanmu memeragakan iklan yang pernah mereka lihat di televisi. Ikuti langkah-langkah berikut ini.
1. PIlihlah siswa yang akan memeragakan iklan. Pastikan iklan yang dipilih adalah iklan yang menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan iklan tersebut pantas untuk dipertunjukkan.
2. Berikan tanggapan dalam bentuk berikut ini.
- Saya pernah/tidak pernah melihat/mendengar iklan tersebut.
- Jika saya mengingat iklan tersebut, maka hal yang saya ingat adalah
- Jika saya mengingat iklan tersebut, maka hal yang paling menarik dari iklan itu adalah
Dari kegiatan di atas, apa yang dapat kamu simpulkan? Tuliskan kesimpulanmu (perhatikan tanggapanmu pada poin kedua dan ketiga). Gunakan tanggapan tersebut sebagai bahan untuk membuat kesimpulan.
Siang itu, siswa-siswi kelas V sedang beristirahat di depan kelas. Perhatikan percakapan mereka
Lani | : | “Aduh, perutku sakit!” |
Siti | : | “Wah, kenapa Lan?” |
Lani | : | “Sepertinya magku kambuh.” |
Dayu | : | “Kemarin magku juga kambuh, Lan. Dokterku memberikan obat mag seperti yang ada di iklan televisi. Bahkan, ada obat mag yang memiliki aneka rasa. Mungkin kamu pernah meminumnya.” |
Lani | : | “Oh, iya, aku jadi teringat! Ternyata aku memiliki obat mag yang kamu maksud di dalam tasku, Yu. Terima kasih atas perhatiannya, ya! “Lalu, apa kata doktermu waktu itu, Dayu? Apa yang menyebabkan mag kita kambuh?” |
Masih ingat cerita Dayu dengan magnya? Coba kamu ulas kembali penyebab seseorang dapat terserang mag.
Seseorang dapat terserang maag jika terlambat makan makan atau lambung dalam keadaan kosong.
Selain gangguan mag, sistem pencernaan kita dapat mengalami gangguan lainnya. Ada beberapa faktor yang menyenyebabkan gangguan tersebut, misalnya mengonsumsi makanan tidak sehat dan pola makan yang tidak teratur.
Diskusikanlah peta pikiran mengenai berbagai macam gangguan umum dari sistem pencernaan manusia. Peta pikiran tersebut harus dapat mencakup beberapa hal berikut.
- Keterangan mengenai setiap gangguan sistem pencernaan.
- Penyebab gangguan tersebut.
- Gejala dari gangguan tersebut.
- Cara mengatasi gangguan tersebut.
Setelah selesai, presentasikan peta pikiran kelompokmu di depan kelas lalu pajang di tembok kelasmu.
1. MagNama Ganguan | Keterangan | |
---|---|---|
Mag | Penjelasan | Mag merupakan gangguan akibat peradangan pada lambung |
Penyebab | Luka pada lambung yang tidak segera terobati dan berakibat infeksi bakteri Helicobacter pylori. | |
Gejala | Gejala berupa nyeri perut bagian atas, mual, dan muntah. | |
Cara Mengatai | Penanganan tergantung pada penyebabnya. Antibiotik dan antasida dapat membantu. |
2. Diare
Nama Ganguan | Keterangan | |
---|---|---|
Diare | Penjelasan | Diare merupakan penyakit saluran pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, parasit, maupun virus. |
Penyebab | Infeksi virus pada usus besar dan alergi makanan. | |
Gejala | Gejala berupa diare meliputi perut kembung atau kram, tinja encer, rasa mulas, atau terkadang mual dan muntah. | |
Cara Mengatai | Biasanya, diare akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan beristirahat yang cukup dan banyak minum supaya tidak mengalami dehidrasi.. |
3. Konstipasi
Nama Ganguan | Keterangan | |
---|---|---|
Konstipasi | Penjelasan | Konstipasi atau “sembelit” adalah gejala fases mengeras sehingga susah dikeluarkan. |
Penyebab | Sembelit disebabkan oleh adanya penyerapan air pada sisa makanan yang berlebihan. | |
Gejala | Harus mengejan saat buang air besar., Proses buang air besar terasa tidak tuntas., Tinja terlihat kering, keras, atau bergumpal. | |
Cara Mengatai | Banyak memakan buah-buahan dan sayur-sayuran berserat serta minum banyak air dapat mencegah gangguan ini. |
4. Kolera
Nama Ganguan | Keterangan | |
---|---|---|
Kolera | Penjelasan | Kolera adalah penyakit diare akut, yang disebabkan oleh infeksi usus akibat terkena bakteria Vibrio Cholerae. |
Penyebab | Penyebab infeksi kolera adalah bakteri bernama Vibrio cholerae. | |
Gejala | Gejala ini bisa muncul secara tiba-tiba. mual dan muntah, kram perut, dan dehidrasi. | |
Cara Mengatai | Pemberian oralit, untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang. Untuk kasus yang parah dibutuhkan penggantian cairan intravena (infus). |
Ayo Mencoba
Bekerjalah dalam kelompok. Pilihlah satu macam gangguan pencernaan. Rancanglah poster yang menerangkan tentang gangguan pencernaan tersebut. Isi poster tersebut harus sama dengan isi peta pikiran yang telah kamu buat sebelumnya. Namun, ukuran poster harus cukup besar. Perhatikan beberapa hal berikut.
- Judul Poster : Judul harus dapat terbaca dari jarak minimal 2 meter dan menarik perhatian.
- Informasi : Disajikan dalam bentuk poin, tulisan harus rapih dan cukup besar agar terbaca dari jarak minimal 1 meter. Informasi terdiri atas keterangan mengenai topik pembahasan, penyebab gangguan, gejala dari gangguan, dan cara mengatasi gangguan tersebut.
- Grafik : Poster akan lebih menarik jika dilengkapi dengan grafik atau gambar-gambar yang memudahkan pembaca mengerti informasi yang disampaikan.
- Sumber : Cantumkan pula sumber informasi yang digunakan.
- Refleksi : Tuliskan pesan dan kesan mengenai tugas ini dan pelajaran yang didapat. Apabila memungkinkan, pasang foto anggota kelompok.
Berdasarkan contoh poster di atas, diketahui bahwa diare ditandai oleh buang air besar dengan tinja encer atau berair dengan frekuensi lebih sering dari biasanya (normalnya). Oleh karena itu, orang yang mengalami diare akan lebih sering ke toilet untuk buang air besar dengan volume tinja yang lebih banyak dari biasanya. Diare dapat menjadi gejala penyakit yang lebih serius seperti disentri dan kolera. Gejala yang biasanya ditemukan adalah buang air besar terus-menerus disertai rasa mulas yang berkepanjangan, dehidrasi, mual, dan muntah.
Pemberian cairan dan elektrolit (seperti larutan garam) akan sangat membantu memulihkan keadaan tubuh yang kekurangan cairan dan elektrolit. Minum cairan oralit merupakan cara pengobatan yang paling efektif terhadap gejala diare. Apabila cairan oralit tidak tersedia, maka kamu dapat membuatnya sendiri.
Bersama dengan kelompokmu, buatlah cairan oralit Sediakan semua bahan dan alat yang diperlukan dan ikuti langkah-langkah pembuatannya dengan cermat
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
- 1/2 sendok teh garam
- 6 sendok teh gula pasir
- 1 liter air hangat
- Pisang secukupnya untuk menambah kalium dan rasa
Cara pembuatan:
- Larutkan gula dan garam dalam air hangat.
- Pisang dapat dilumatkan secukupnya atau dicampur atau dimakan begitu saja.
Buatlah laporan percobaan sederhana dan tuliskan juga manfaat dari larutan oralit yang kamu buat
Laporan Percobaan Pembuatan Larutan Oralit | ||
---|---|---|
Judul Laporan | : | Laporan Percobaan Pembuatan Larutan Oralit |
Tujuan Laporan | : | Mengetahui proses pembuatan larutan oralit |
Alat dan Bahan | : |
|
Langkah percobaan | : |
|
Kesimpulan | : | Larutan oralit dibuat dengan cara mencampur gula, garam, dan air hangat. Oralit merupakan cara pengobatan yang paling efektif terhadap gejala diare. |
Komentar
Posting Komentar