1. Siswa mengetahui jenis jenis sumber daya alam dan persebarannya
2. Siswa dapat mengetahui macam macam sumber energi.
B. IPS
Sumber Daya Alam: segala sesuatu yang ada di alam yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia
Jenis Sumber Daya Alam:
Dapat Diperbarui: dipakai terus-menerus tidak habis. Contoh: air, tanah, tumbuhan, hewan
Tidak Dapat Diperbarui: dipakai terus-menerus akan habis. Contoh: minyak bumi, batu bara, emas
B.1. Persebaran Hasil Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Peternakan, Perikanan
Persebaran Sumber Daya Alam Dapat Diperbarui
B.2. Persebaran Hasil Tambang
Persebaran Sumber Daya Alam Tidak Dapat Diperbarui
B.3. Hutan Indonesia
Jenis Hutan:
Hutan Heterogen: ditumbuhi berbagai jenis pohon. Contoh: Kebun Raya Bogor
Hutan Homogen: ditumbuhi satu jenis pohon. Contoh: hutan jati, hutan pinus
Manfaat Hutan:
Menyimpan air
Habitat hewan
Mencegah erosi
Penghasil kayu
Objek wisata
Akibat Jika Hutan Rusak:
Banjir
Tanah longsor
Kebakaran hutan
Tindakan Pelestarian Hutan:
Pembuatan kawasan cagar alam, taman nasional, dan suaka margasatwa
Melaksanakan tebang pilih
E. IPA
Energi Alternatif: energi ramah lingkungan yang dimanfaatkan untuk menggantikan bahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, gas alam)
E.1. Angin
Angin: udara yang bergerak akibat adanya perbedaan tekanan, mengalir dari tempat bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah atau dari tempat bersuhu rendah ke tempat bersuhu tinggi
Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB): pembangkit listrik yang memanfaatkan angin sebagai sumber energi, berupa kincir angin yang terhubung dengan turbin dan generator
Keunggulan Energi Angin:
Jumlahnya melimpah
Tidak menghasilkan gas rumah kaca dan limbah berlebihan
Daerah di Indonesia yang Memiliki Potensi Angin yang Bagus:
Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Pantai selatan Pulau Jawa
Pantai selatan Pulau Sulawesi
PLTB di Indonesia: PLTB Sidrap, Sulawesi Selatan
PLTB terbesar di Asia Tenggara
Memiliki 30 turbin angin dengan ketinggian 80 meter dan baling-baling sepanjang 57 meter
Mampu menghasilkan listrik 75 Megawatt (MW)
E.2. Air
Air: zat utama yang dibutuhkan makhluk hidup dan mempunyai potensi energi besar
Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA): pembangkit listrik yang mengubah energi air yang mengalir menjadi energi mekanik (menggunakan turbin) dan diubah menjadi energi listrik (menggunakan generator)
E.3. Matahari
Matahari: sumber energi utama di alam semesta, menyimpan potensi energi yang besar dalam bentuk panas dan cahaya
Sel Surya: alat pengubah energi panas dan cahaya matahari menjadi energi listrik
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS): pembangkit listrik yang memanfaatkan sel surya untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik, terdapat di Karangasem dan Bangli (Bali)
E.4. Geotermal (Panas Bumi)
Geotermal (Panas Bumi): energi yang berasal dari inti bumi, dapat ditemui di sekitar gunung berapi aktif yang mengandung batu-batu panas. Diperoleh dengan cara mengebor lapisan batuan untuk membebaskan uap pada kedalaman tertentu
Keunggulan Energi Geotermal:
Dihasilkan terus-menerus sepanjang musim karena tidak memerlukan penyimpanan energi
Hanya melepaskan sedikit gas rumah kaca
E.5. Nuklir
Nuklir: penerapan bidang ilmu inti atom yang memanfaatkan atom Uranium sebagai sumber energi panas
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN): pembangkit listrik yang menggunakan satu atau lebih reaktor nuklir, menggunakan uap bertekanan tinggi untuk memutar turbin
Keunggulan Energi Nuklir:
Tidak menghasilkan limbah berbahaya
Mampu bertahan lebih lama
Menghasilkan tenaga lebih besar daripada bahan bakar fosil
Tidak menyebabkan efek rumah kaca
Itulah tadi pembelajaran hari ini dan besok kita akan bertemu lagi untuk mereview tema yang sudah kita pelajari.
Hari/tanggal : Rabu, 24-07-2019 Kelas/semester : III/I Tahun pelajaran : 2019/2020 Tema : 1 pertumbuhan dan perkembanagan makhuk hidup Subtema 2 : pertumbuhan dan perkembanagn manusia "Makanan Yang Baik Untuk Dikomsumsi" Makanan penting untuk kesehatan, makanansangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia. makaanan yangpenting untuk pertumbuhan dan menyehatakan adalah makan yang bergizi contoh makanan yang sehat dan bergizi adalah 1. nasi,kentang,jagung,roti,ubi,sagu (makanan pokok) 2. daging, ikan , tahu, tempe, telur, cumi (lauk pauk) 3. kankung, bayam, wortem, dan buncis (sayur-sayuran) 4. jeruk,apel,jambu,anggur,pisang (buah-buahan ) 5. susu, misalnya susu kambing dan susu sapi berikut ini zat-zat gizi dalam makanan sehat yang harus kamu kosumsi sesuai porsinya a. Karbohidrat karbohidrat menghasilkan energi dan tenaga untuk tubuh manusia b. Protein protein terdiri dari 2 jenis ...
KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5, JUMAT 8 JANUARI 2021 MATERI AJAR Kelas : IV Tema : Cita-Citaku Subtema : Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran : 5 Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, SBDP Hari/Tanggal : Jumat, 8 Januari 2021 Assalamu'alaikum... Selamaaatt pagiii.... Jumat berkah... Jangan lupa perbanyak ibadah dan sedekah. Lanjut senam pagi, sarapan terus dhuha dan murojaah ya!! Selamat belajar..!! Kegiatan yang kita sukai dapat menentukan jenis kegiatan dan pekerjaan yang kita cita-citakan. Cita-cita dapat diraih dengan berusaha dan berlatih. Pada kegiatan pembelajaran kali ini kita akan menjelaskan makna yang terkandung dalam puisi dan mengungkapkan makna yang terkandung dalam puisi secara lisan maupun tulisan. Bacalah kembali puisi tentang cita-cita pada pembelajaran yang telah lalu berikut ini. Ayo Membaca Cita-Citaku Karya: Angelica Suara indah alat musik Alunannya tenang mendayu Seakan selalu berbisik Aku selalu ada untukmu Aku suka alat musik itu Karena itu aku ...
Materi Ajar, Selasa 11 Februari 2025 Materi ajar kelas 1C Mata Pelajaran : Matematika Hari/Tanggal : Selasa/11 Februari 2025 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Fase/Kelas : A/1 BAB/Tema:5/Ayo Membilang sampai dengan 20 Materi Pembelajaran : Nilai Tempat Capaian Pembelajaran (CP) : Pada akhir fase A, peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan ⁹ benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Tujuan Pembelajaran (TP) : 1. Menghitung banyaknya benda sampai dengan 20. 2. Membaca lambang bilangan sampai dengan 20. 3. Menuliskan lambang bilangan sampai dengan 20. 4. Memperkirakan banyak benda (estimasi) sampai dengan 20. Assalamu'alaikum wr.wb Tabik Pun.. Selamat Pagi anak shalih dan shalihah... Bagaimana kabarnya hari ini ...
Komentar
Posting Komentar