Materi ajar kelas 4d hari Rabu 10 Mei 2023

 Hari/Tanggal   :  Rabu / 10 Mei 2023

Tema                :  9 (Kayanya Negeriku)

Subtema          : 3  (Pelestarian Kekayaan  Sumber Daya Alam di Indonesia) 

Pembelajaran  : 1

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD IPA

3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari

KD IPS

3.1  Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. 

KD Bahasa Indonesia 

3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membuat peta pikiran, siswa dapat mengetahui tentang usaha pelestarian kekayan hayati hewan dan tumbuhan dengan penuh kepedulian.

 2. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi tentang usaha pelestarian kekayaan hayati hewan dan tumbuhan dengan penuh kepedulian.

3. Dengan melakukan wawancara, siswa dapat memahami usaha pelestarian kekayaan hayati hewan dan tumbuhan dengan penuh tanggung jawab

Pada pertemuan sebelum nya kita sudah membahas tentang kekayaan Indonesia. hari ini Miss akan menyampaikan materi tema 9 subtema 3  yakni tentang Pelesatarian Kekayaan alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di  pembelajaran 1 dibawah ini.

Mari simak ringkasan materi dibawah ini nak....

            

IPA

Pemanfaatan Alam oleh Manusia

Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan. Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam, abiotik (tak hidup) maupun biotik (hidup), secara berlebihan tanpa memikirkan akibatnya. Sekali manusia melakukannya dengan sembarangan, kerusakan lingkungan yang terjadi akan menyebabkan kerusakan lingkungan berikutnya. Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik yaitu tanah dengan melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan. Batu bara, adalah salah satunya.  Selain itu, berbagai jenis bahalogam mulia bernilai tinggi pun ditambang.  Emas dan perak merupakan salah satu bahan tambang logam mulia yang paling banyak dicari karena nilainya tinggi. Bahan tambang lain yang diambil dari bagian dalam lapisan bumi adalah nikel, timah, dan bauksit. Tidak hanya lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia. Hampir semua jenis tumbuhan dan hewan juga dimanfaatkan oleh manusia.  Ada dua jenis hewan yaitu hewan peliharaan dan hewan liar yang hidup bebas di hutan. Manusia membudidayakan beberapa jenis hewan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti ayam, sapi, beberapa jenis ikan, dan lainnya.

IPS

Berikut ini adalah dampak perubahan lingkungan yang disebabkan oleh manusia  terhadap keseimbangan ekosistem diantaranya :

1 . Penebangan dan pembakaran hutan

2. Penggunaan bahan-bahan kimia dan pestisida secara berlebihan

3. Eksploitasi sumber daya laut

4. Perpindahan penduduk

5. Penggunaan kendaraan bermotor

6. Perburuan liar

7. Perusakan terumbu karang

Bahasa Indonesia

Mengingat betapa besar ketergantungan kehidupan kita terhadap keberadaan sumber energi, maka sudah sepantasnyalah kita dapat berhemat. Kesadaran untuk berhemat energi harus dimulai dari diri sendiri dan sejak dini. Pelaksanaannya dimulai dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan sehari- hari. Setelah kesadaran dalam diri tumbuh dan perilaku kita sudah mencerminkan berhemat energi, mulailah kita mengajak orang lain untuk berhemat energi. Hal tersebut dapat dimulai dengan mengajak anggota keluarga, teman-teman, hingga kepada masyarakat luas. Salah satu caranya dengan membuat poster hemat energi. 

Tugas Tematik (Hanya membaca materi hari ini).


MATERI MATEMATIKA

Pada pertemuan sebelumnya di kelas, anak Sholeh Sholehah sudah belajar bagaimana cara membuat gambar sudut menggunakan busur derajat.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Buatlah sebuah ruas garis.
2. Letakkan pusat busur derajat pada salah satu ujung ruas garis.
3. Berilah tanda titik sesuai dengan besar derajat sudut yang akan kita buat.
4. Hubungkan salah satu ruuas garis dengan tanda titik yang sudah dibuat.

Video cara membuat sudut menggunakan busur derajat :


Soal Latihan Matematika : 

Buatlah gambar sudut menggunakan busur derajat dengan besar sebagai berikut :
1. 65 derajat
2. 35 derajat
3. 120 derajat
4. 150 derajat
5. 165 derajat

Terimakasih
Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi ajar kelas 4d hari Senin 8 Mei 2023

Materi ajar kelas 4d hari Kamis 11 Mei 2023