Subtema 3 : Bangga terhadap Daerah Tempat Tinggalku
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran
KD Bahasa Indonesia .3. 9 Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
3.10 Membandingkan watak setiap tokoh pada teks fiksi.
KD PKN 3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
KD IPS 3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan kegiatan berdiskusi mengenai tokoh-tokoh dalam cerita fiksi, siswa dapat mengidentifikasi tokoh utama, tokoh pembantu/tambahan, tokoh protagonis, dan tokoh antagonis dari cerita fiksi.
2. Dengan kegiatan berdiskusi mengenai keberagaman karakteristik individu, siswa dapat mengetahui sikap untuk menghadapi perbedaan karakteristik antarteman dan manfaat yang diperoleh.
3. Dengan kegiatan melakukan pengamatan jenis pekerjaan masyarakat di lingkungan tempat tinggal siswa, siswa dapat mengelompokkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jenis-jenis perkerjaan yang menghasilkan jasa.
Apersepsi
Baik anak solehah, pada hari sebelumnya kita telah mempelajari Pembelajaran 1 dan 2 tentang gaya dapat mempengaruhi perubahan benda, ciri- ciri karya tiga dimensi Dan hari ini kita akan membahas materi di subtema 3 tentang Bangga terhadap Daerah Tempat tinggalku, pembelajaran 3 yang akan membahas mengenai materi tokoh dan peran tokoh dalam cerita fiksi, manfaat toleransi terkait keberagaman karakteristik setiap orang, serta belajar tentang jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar kita.
Mari Kita simak pembelajaran hari ini.
Ringkasan Materi
Bahasa Indonesia
Anak sholeh-sholehah mari kita baca cerita fiksi yang ada di buku tematik halaman 141- 143 yang berjudul " Nelayan dan Ikan Mas" dari cerita tersebut dapat kita ketahui bahwa tokoh Tokoh dalam cerita berjudul " Nelayan dan Ikan Mas" adalah kakek, nenek, dan ikan mas. Dalam cerita fiksi kita mengetahui adalahnya tokoh dan peran tokoh. Tokoh adalah orang yang menggambarkan suatu peristiwa dalam sebuah cerita yang diperankan. Para tokoh dalam cerita memiliki peranan masing-masing yang berbeda satu tokoh dengan tokoh lainnya. Tokoh dibedakan menjadi dua yaitu tokoh utama dan tokoh pembantu.
1. Tokoh Utama
Tokoh utama adalah tokoh yang tokoh yang memiliki peranan penting dalam suatu cerita. Tokoh utama paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.
2. Tokoh Pembantu
Tokoh tambahan (pembantu) adalah tokoh yang memiliki peranan tidak penting dalam cerita. Kehadiran tokoh pembantu sekadar menunjang tokoh utama.
Tokoh juga dapat dibedakan berdasarkan peran tokoh dalam sebuah cerita yaitu tokoh protagonis dan antagonis.
1. Tokoh Protagonis
Tokoh protagonis adalah tokoh yang memiliki watak baik sehingga disenangi dan dikagumi pembaca.
2. Tokoh Antagonis Tokoh antagonis adalah tokoh yang tidak disenangi pembaca karena perannya tidak sesuai yang didambakan pembaca. Tokoh antagonis ini menjadi penyebab timbulnya konflik dan ketegangan yang dialami oleh tokoh protagonis.
PKN
Manfaat keberagaman karakteristik individu. Karakteristik adalah karakter dan gaya hidup seseorang serta nilai- nilai yang berkembang secara teratur sehingga tingkah laku menjadi lebih konsisten dan mudah diperhatikan. Karakteristik juga berarti ciri atau karakter secara alamiah yang melekat pada diri seseorang. setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda, diantaranya fisik, jenis kegemaran, pekerjaan, ras, suku, pengetahuan, serta agama atau kepercayaan. Kita sebagai warga negara Indonesia hendaknya saling menghormati perbedaan karakteristik antarmasyarakat. contoh manfaat atas keragaman karakteristik masyarakat Indonesia, sebagai berikut :
1. Dapat belajar saling menghargai karakter setiap individu.
2. Belajar bersosialisasi.
3. Belajar toleransi.
4. Saling melengkapi sesama individu
5. Hidup rukun dalam masyarakat.
IPS
Pekerjaan merupakan salah satu jenis karakteristik individu dalam masyarakat. Jenis pekerjaan juga dapat dilihat dari yang ditekuni masyarakat sesuai kondisi lingkungan dan alam sekitar.
Pada dasarnya, pekerjaan dibedakan menjadi dua sebagai berikut.
1. Pekerjaan yang Menghasilkan Barang
Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan yang menghasilkan suatu barang yang bisa dipergunakan oleh seseorang. Contohnya petani (menghasilkan padi dan jagung), nelayan (menghasilkan ikan), peternak (menghasilkan daging, susu, dan woll), penjual kue, dan perajin.
2. Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa
Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah pekerjaan yang hasilnya bukan berupa barang, tetapi hasil pekerjaannya dapat dinikmati dan dirasakan orang lain. Contohnya guru, dokter, perawat, tukang potong rambut, polisi, tentara, dan seniman.
Tugas
1. Apakah yang dimaksud dengan tokoh utama?
2. Apa yang dimaksud dengan tokoh antagonis?
3. Sebutkan contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa?
Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran kita hari ini. Besok kita akan bertemu lagi pada tema 8 subtema 3 pembelajaran 4.
Hari/tanggal : Rabu, 24-07-2019 Kelas/semester : III/I Tahun pelajaran : 2019/2020 Tema : 1 pertumbuhan dan perkembanagan makhuk hidup Subtema 2 : pertumbuhan dan perkembanagn manusia "Makanan Yang Baik Untuk Dikomsumsi" Makanan penting untuk kesehatan, makanansangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia. makaanan yangpenting untuk pertumbuhan dan menyehatakan adalah makan yang bergizi contoh makanan yang sehat dan bergizi adalah 1. nasi,kentang,jagung,roti,ubi,sagu (makanan pokok) 2. daging, ikan , tahu, tempe, telur, cumi (lauk pauk) 3. kankung, bayam, wortem, dan buncis (sayur-sayuran) 4. jeruk,apel,jambu,anggur,pisang (buah-buahan ) 5. susu, misalnya susu kambing dan susu sapi berikut ini zat-zat gizi dalam makanan sehat yang harus kamu kosumsi sesuai porsinya a. Karbohidrat karbohidrat menghasilkan energi dan tenaga untuk tubuh manusia b. Protein protein terdiri dari 2 jenis ...
KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5, JUMAT 8 JANUARI 2021 MATERI AJAR Kelas : IV Tema : Cita-Citaku Subtema : Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran : 5 Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, SBDP Hari/Tanggal : Jumat, 8 Januari 2021 Assalamu'alaikum... Selamaaatt pagiii.... Jumat berkah... Jangan lupa perbanyak ibadah dan sedekah. Lanjut senam pagi, sarapan terus dhuha dan murojaah ya!! Selamat belajar..!! Kegiatan yang kita sukai dapat menentukan jenis kegiatan dan pekerjaan yang kita cita-citakan. Cita-cita dapat diraih dengan berusaha dan berlatih. Pada kegiatan pembelajaran kali ini kita akan menjelaskan makna yang terkandung dalam puisi dan mengungkapkan makna yang terkandung dalam puisi secara lisan maupun tulisan. Bacalah kembali puisi tentang cita-cita pada pembelajaran yang telah lalu berikut ini. Ayo Membaca Cita-Citaku Karya: Angelica Suara indah alat musik Alunannya tenang mendayu Seakan selalu berbisik Aku selalu ada untukmu Aku suka alat musik itu Karena itu aku ...
Materi Ajar, Selasa 11 Februari 2025 Materi ajar kelas 1C Mata Pelajaran : Matematika Hari/Tanggal : Selasa/11 Februari 2025 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Fase/Kelas : A/1 BAB/Tema:5/Ayo Membilang sampai dengan 20 Materi Pembelajaran : Nilai Tempat Capaian Pembelajaran (CP) : Pada akhir fase A, peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan ⁹ benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Tujuan Pembelajaran (TP) : 1. Menghitung banyaknya benda sampai dengan 20. 2. Membaca lambang bilangan sampai dengan 20. 3. Menuliskan lambang bilangan sampai dengan 20. 4. Memperkirakan banyak benda (estimasi) sampai dengan 20. Assalamu'alaikum wr.wb Tabik Pun.. Selamat Pagi anak shalih dan shalihah... Bagaimana kabarnya hari ini ...
Komentar
Posting Komentar