Subtema 3 : Bangga terhadap Daerah Tempat Tinggalku
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran
KD B. Indonesia. 3.10 Membandingkan watak setiap tokoh pada teks fiksi.
KD PKN 3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan kegiatan bermain peran sesuai cerita fiksi, siswa dapat menentukan sifat tokoh dalam cerita fiksi secara visual.
2. Dengan kegiatan membaca teks keberagaman karakteristik individu, siswa dapat mengetahui manfaat keberagaman karakteristik individu di dalam masyarakat.
Baik anak solehah, pada hari sebelumnya kita telah mempelajari Pembelajaran 3, yaitu tenytang tokoh dalam sebuah cerita fiksi yang dibedakan menjadi dua yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan, kemudian hari ini kita akan membahas materi di subtema 3 tentang Bangga terhadap Daerah Tempat tinggalku, pembelajaran 4 yang akan membahas mengenai materi tokoh dan peran tokoh dalam cerita fiksi,
Mari Kita simak Video Pembelajaran 4 hari ini :)
Ringkasan Materi
BAHASA INDONESIA
Ayo Bermain Peran
Sebagai contoh, kamu memeragakan Patih Gadjah Mada dan dua orang temanmu sebagai prajuritnya. Patih Gadjah Mada mengajak dua prajurit untuk melawan musuh. Dialog saat bermain peran sebagai berikut.Patih Gadjah Mada : “Prajurit, lawan musuh kita dengan semangat! Mari Kita serang bersama-sama. Serbuuuu!” (Patih Gadjah Mada berdiri tegap di depan kedua prajurit, tangan kanan menuding ke arah musuh) Dua Prajurit : “Semangat, Patih! Serbuuuu!” (Kedua prajurit, mengangkat tombak)
Gambar di atas menunjukkan cerita " Cindelaras "? berikut ini adalah cerita " Cindelaras" berikut ini video " Cindelaras"
Dari cerita diatas, kita bisa mengetahui siapa yang menjadi tokoh utama dan tokoh tambahan (pembantu). Masih ingatkah kamu dengan pengertian tokoh utama dan tokoh tambahan ?
PKN
Karakter atau sifat dalam sebuah cerita bermacam- macam. dalam kehidupan sehari -hari pun, karakter manusia juga beragam. meskipun demikian, manusia harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain. selain itu sebagai manusia, kita harus saling membantu. Dalam kehidupan bermasyarakat kita juga menjumpai karakteristik pakaian adat setiap daerah yang berbeda -beda. Namun, perbedaan karakteristik pakaian adat daerah masyarakat Indonesia bukan penghalang masyarakat antardaerah untuk bersatu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Soal
1. Apa yang dimaksud tokoh pembantu?
2. Apa yang harus kita lakukan dalam menghadapi karakteristik yang beragam?
3. Apakah perbedaan karakteristik menjadi penghalang persatuan?
Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini. Dan besok kita akan bertemu lagi pada tema 8 subtema 3 pembelajaran 5.
Materi ajar kelas 5C hari kamis 24 Januari 2024 tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 Tema 6 : Panas dan Perpindahannya Subtema 3 : Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Pembelajaran : 1 dan Matematika Muatan Pembelajaran : 1. B. Indonesia : Menyebutkan kata kunci dari teks eksplanasi pada media 2. IPA : Menjelaskan benda benda yang menghambat dan mempercepat perpindahan kalor 3. Matematika : Menghitung Volume Bangun Ruang Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini : Tujuan Pembelajaran : - Siswa Mampu Menyebutkan kata kunci dari teks eksplanasi pada media - Siswa Mampu Menjelaskan benda benda yang menghambat dan mempercepat perpindahan kalor - Siswa Mampu Menghitung Volume Bangun Ruang Perhatikan Rangkuman Materi hari ini :
Materi ajar kelas 5C hari Kamis 16 Mei 2024 tema 9 subtema 3 PB 1 Tema 9 : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 3 : Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran : 1 Muatan Pembelajaran : B.Indonesia , IPA Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini : Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk iklan pada media cetak 2. Siswa mampu mengelompokkan benda benda zat tunggal Anak- anak yang sholeh dan sholehah, Pada Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya kita akan belajar tentang menyebutkan isi teks paparan iklan media cetak secara lisan, mengidentifikasikan pengertian, tujuan, ciri-ciri, dan bentuk-bentuk iklan, kesimpulan isi teks paparan iklan dalam media cetak, dan menge
Materi Ajar Tema 9 subtema 2 pembelajaran 5 kelas 5C selasa 14 Mei 2024 Tema 9 : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 2 : Benda Benda Dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran : 5 Muatan Pembelajaran : B.Indonesia , IPA, SBDP Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini : Tujuan Pembelajaran : 1. siswa mampu mengidentifikasi iklan di televisi 2. siswa mampu memahami campuran Homogen 3. siswa mampu memahami pola lantai Ayo Mengamati Perhatikan iklan televisi yang dilihat Siti dan kawan-kawannya berikut. Iklan yang dilihat Siti dan teman-temannya adalah iklan vitamin untuk kesegaran tubuh. Iklan tersebut memberikan informasi penting tentang vitamin, yaitu untuk kesegaran tubuh supaya lincah dalam bergerak dan beraktivitas. Vi
Komentar
Posting Komentar