Subtema 3 : Bangga terhadap Daerah Tempat Tinggalku
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran
KD B. Indonesia. 3.10 Membandingkan watak setiap tokoh pada teks fiksi.
KD PKN 3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan kegiatan bermain peran sesuai cerita fiksi, siswa dapat menentukan sifat tokoh dalam cerita fiksi secara visual.
2. Dengan kegiatan membaca teks keberagaman karakteristik individu, siswa dapat mengetahui manfaat keberagaman karakteristik individu di dalam masyarakat.
Baik anak solehah, pada hari sebelumnya kita telah mempelajari Pembelajaran 3, yaitu tenytang tokoh dalam sebuah cerita fiksi yang dibedakan menjadi dua yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan, kemudian hari ini kita akan membahas materi di subtema 3 tentang Bangga terhadap Daerah Tempat tinggalku, pembelajaran 4 yang akan membahas mengenai materi tokoh dan peran tokoh dalam cerita fiksi,
Mari Kita simak Video Pembelajaran 4 hari ini :)
Ringkasan Materi
BAHASA INDONESIA
Ayo Bermain Peran
Sebagai contoh, kamu memeragakan Patih Gadjah Mada dan dua orang temanmu sebagai prajuritnya. Patih Gadjah Mada mengajak dua prajurit untuk melawan musuh. Dialog saat bermain peran sebagai berikut.Patih Gadjah Mada : “Prajurit, lawan musuh kita dengan semangat! Mari Kita serang bersama-sama. Serbuuuu!” (Patih Gadjah Mada berdiri tegap di depan kedua prajurit, tangan kanan menuding ke arah musuh) Dua Prajurit : “Semangat, Patih! Serbuuuu!” (Kedua prajurit, mengangkat tombak)
Gambar di atas menunjukkan cerita " Cindelaras "? berikut ini adalah cerita " Cindelaras" berikut ini video " Cindelaras"
Dari cerita diatas, kita bisa mengetahui siapa yang menjadi tokoh utama dan tokoh tambahan (pembantu). Masih ingatkah kamu dengan pengertian tokoh utama dan tokoh tambahan ?
PKN
Karakter atau sifat dalam sebuah cerita bermacam- macam. dalam kehidupan sehari -hari pun, karakter manusia juga beragam. meskipun demikian, manusia harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain. selain itu sebagai manusia, kita harus saling membantu. Dalam kehidupan bermasyarakat kita juga menjumpai karakteristik pakaian adat setiap daerah yang berbeda -beda. Namun, perbedaan karakteristik pakaian adat daerah masyarakat Indonesia bukan penghalang masyarakat antardaerah untuk bersatu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Soal
1. Apa yang dimaksud tokoh pembantu?
2. Apa yang harus kita lakukan dalam menghadapi karakteristik yang beragam?
3. Apakah perbedaan karakteristik menjadi penghalang persatuan?
Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini. Dan besok kita akan bertemu lagi pada tema 8 subtema 3 pembelajaran 5.
Hari/tanggal : Rabu, 24-07-2019 Kelas/semester : III/I Tahun pelajaran : 2019/2020 Tema : 1 pertumbuhan dan perkembanagan makhuk hidup Subtema 2 : pertumbuhan dan perkembanagn manusia "Makanan Yang Baik Untuk Dikomsumsi" Makanan penting untuk kesehatan, makanansangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia. makaanan yangpenting untuk pertumbuhan dan menyehatakan adalah makan yang bergizi contoh makanan yang sehat dan bergizi adalah 1. nasi,kentang,jagung,roti,ubi,sagu (makanan pokok) 2. daging, ikan , tahu, tempe, telur, cumi (lauk pauk) 3. kankung, bayam, wortem, dan buncis (sayur-sayuran) 4. jeruk,apel,jambu,anggur,pisang (buah-buahan ) 5. susu, misalnya susu kambing dan susu sapi berikut ini zat-zat gizi dalam makanan sehat yang harus kamu kosumsi sesuai porsinya a. Karbohidrat karbohidrat menghasilkan energi dan tenaga untuk tubuh manusia b. Protein protein terdiri dari 2 jenis ...
KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5, JUMAT 8 JANUARI 2021 MATERI AJAR Kelas : IV Tema : Cita-Citaku Subtema : Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran : 5 Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, SBDP Hari/Tanggal : Jumat, 8 Januari 2021 Assalamu'alaikum... Selamaaatt pagiii.... Jumat berkah... Jangan lupa perbanyak ibadah dan sedekah. Lanjut senam pagi, sarapan terus dhuha dan murojaah ya!! Selamat belajar..!! Kegiatan yang kita sukai dapat menentukan jenis kegiatan dan pekerjaan yang kita cita-citakan. Cita-cita dapat diraih dengan berusaha dan berlatih. Pada kegiatan pembelajaran kali ini kita akan menjelaskan makna yang terkandung dalam puisi dan mengungkapkan makna yang terkandung dalam puisi secara lisan maupun tulisan. Bacalah kembali puisi tentang cita-cita pada pembelajaran yang telah lalu berikut ini. Ayo Membaca Cita-Citaku Karya: Angelica Suara indah alat musik Alunannya tenang mendayu Seakan selalu berbisik Aku selalu ada untukmu Aku suka alat musik itu Karena itu aku ...
Materi Ajar, Selasa 11 Februari 2025 Materi ajar kelas 1C Mata Pelajaran : Matematika Hari/Tanggal : Selasa/11 Februari 2025 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Fase/Kelas : A/1 BAB/Tema:5/Ayo Membilang sampai dengan 20 Materi Pembelajaran : Nilai Tempat Capaian Pembelajaran (CP) : Pada akhir fase A, peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan ⁹ benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Tujuan Pembelajaran (TP) : 1. Menghitung banyaknya benda sampai dengan 20. 2. Membaca lambang bilangan sampai dengan 20. 3. Menuliskan lambang bilangan sampai dengan 20. 4. Memperkirakan banyak benda (estimasi) sampai dengan 20. Assalamu'alaikum wr.wb Tabik Pun.. Selamat Pagi anak shalih dan shalihah... Bagaimana kabarnya hari ini ...
Komentar
Posting Komentar