Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin,air, matahari, panas bumi,bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
1. Membaca teks dan mengamati gambar tentang sumber energi air dan listrik, siswa mengetahui salah satu contoh sumber energi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
KD 3.1. IPS
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
1. Mengamati gambar lingkungan alam, siswa dapat mengenal lingkungan alam dengan penuh kepedulian
KD 3.1 B. Indonesia
Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
1. Membaca bacaan tentang lingkungan, siswa memahami hubungan manusia dengan lingkungan dengan penuh kepedulian.
Baik anak soleh solehah kelas 4. Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang tema 8 yaitu Daerah Tempat Tinggal ku.Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 1 pembelajaran 1.
Pembelajaran 1
Kita harus banyak bersyukur hidup di bumi Indonesia. Bangsa yang dikaruniai sumber daya.
Salah satunya sumber daya energi. Mulai dari
minyak, gas, sampai yang bukan minyak.
Salah satu sumber energi yang banyak digunakan di sekitar kita adalah listrik.
Ayo kita cari tahu bagaimana listrik dihasilkan dan manfaatnya bagi kehidupan kita. Salah satu pembangkit listrik yaitu menggunakan tenaga Air atau yang sering disingkat PLTA
Kalian bisa membaca tentang teks tersebut pada halaman 3 dan 4.
Dengan adanya PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air, ketersediaan energi listrik
ke rumah-rumah akan terpenuhi. Kita pun bisa memanfaatkannya untuk menghidupkan berbagai peralatan listrik yang memudahkan kegiatan kita
sehari-hari seperti lampu, televisi, dan peralatan lainnya.
Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Lingkungan menjadi penyedia berbagai sumber daya. Sumber daya itu termasuk sumber daya energi yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan manusia.
Fungsi lingkungan bagi kehidupan
1. Lingkungan sebagai tempat mencari makan
2. Lingkungan sebagai tempat bekerja
3. Lingkungan sebagai tempat tinggal
Soal
1. Sebutkan contoh sumber daya alam yang dapet diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui?
2. Apa kepanjangan dari PLTA?
3. Apa fungsi lingkungan bagi kehidupan?
Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran kita hari ini dan kita akan bertemu besok pada tema 9 subtema 1 pembelajaran 2.
Materi ajar kelas 5C hari kamis 24 Januari 2024 tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 Tema 6 : Panas dan Perpindahannya Subtema 3 : Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Pembelajaran : 1 dan Matematika Muatan Pembelajaran : 1. B. Indonesia : Menyebutkan kata kunci dari teks eksplanasi pada media 2. IPA : Menjelaskan benda benda yang menghambat dan mempercepat perpindahan kalor 3. Matematika : Menghitung Volume Bangun Ruang Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini : Tujuan Pembelajaran : - Siswa Mampu Menyebutkan kata kunci dari teks eksplanasi pada media - Siswa Mampu Menjelaskan benda benda yang menghambat dan mempercepat perpindahan kalor - Siswa Mampu Menghitung Volume Bangun Ruang Perhatikan Rangkuman Materi hari ini :
Materi ajar kelas 5C hari Kamis 16 Mei 2024 tema 9 subtema 3 PB 1 Tema 9 : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 3 : Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran : 1 Muatan Pembelajaran : B.Indonesia , IPA Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini : Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk iklan pada media cetak 2. Siswa mampu mengelompokkan benda benda zat tunggal Anak- anak yang sholeh dan sholehah, Pada Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya kita akan belajar tentang menyebutkan isi teks paparan iklan media cetak secara lisan, mengidentifikasikan pengertian, tujuan, ciri-ciri, dan bentuk-bentuk iklan, kesimpulan isi teks paparan iklan dalam media cetak, dan menge
Materi Ajar Tema 9 subtema 2 pembelajaran 5 kelas 5C selasa 14 Mei 2024 Tema 9 : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 2 : Benda Benda Dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran : 5 Muatan Pembelajaran : B.Indonesia , IPA, SBDP Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini : Tujuan Pembelajaran : 1. siswa mampu mengidentifikasi iklan di televisi 2. siswa mampu memahami campuran Homogen 3. siswa mampu memahami pola lantai Ayo Mengamati Perhatikan iklan televisi yang dilihat Siti dan kawan-kawannya berikut. Iklan yang dilihat Siti dan teman-temannya adalah iklan vitamin untuk kesegaran tubuh. Iklan tersebut memberikan informasi penting tentang vitamin, yaitu untuk kesegaran tubuh supaya lincah dalam bergerak dan beraktivitas. Vi
Komentar
Posting Komentar