Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin,air, matahari, panas bumi,bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
1. Membaca teks dan mengamati gambar tentang sumber energi air dan listrik, siswa mengetahui salah satu contoh sumber energi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
KD 3.1. IPS
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
1. Mengamati gambar lingkungan alam, siswa dapat mengenal lingkungan alam dengan penuh kepedulian
KD 3.1 B. Indonesia
Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
1. Membaca bacaan tentang lingkungan, siswa memahami hubungan manusia dengan lingkungan dengan penuh kepedulian.
Baik anak soleh solehah kelas 4. Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang tema 8 yaitu Daerah Tempat Tinggal ku.Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 1 pembelajaran 1.
Pembelajaran 1
Kita harus banyak bersyukur hidup di bumi Indonesia. Bangsa yang dikaruniai sumber daya.
Salah satunya sumber daya energi. Mulai dari
minyak, gas, sampai yang bukan minyak.
Salah satu sumber energi yang banyak digunakan di sekitar kita adalah listrik.
Ayo kita cari tahu bagaimana listrik dihasilkan dan manfaatnya bagi kehidupan kita. Salah satu pembangkit listrik yaitu menggunakan tenaga Air atau yang sering disingkat PLTA
Kalian bisa membaca tentang teks tersebut pada halaman 3 dan 4.
Dengan adanya PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air, ketersediaan energi listrik
ke rumah-rumah akan terpenuhi. Kita pun bisa memanfaatkannya untuk menghidupkan berbagai peralatan listrik yang memudahkan kegiatan kita
sehari-hari seperti lampu, televisi, dan peralatan lainnya.
Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Lingkungan menjadi penyedia berbagai sumber daya. Sumber daya itu termasuk sumber daya energi yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan manusia.
Fungsi lingkungan bagi kehidupan
1. Lingkungan sebagai tempat mencari makan
2. Lingkungan sebagai tempat bekerja
3. Lingkungan sebagai tempat tinggal
Soal
1. Sebutkan contoh sumber daya alam yang dapet diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui?
2. Apa kepanjangan dari PLTA?
3. Apa fungsi lingkungan bagi kehidupan?
Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran kita hari ini dan kita akan bertemu besok pada tema 9 subtema 1 pembelajaran 2.
Hari/tanggal : Rabu, 24-07-2019 Kelas/semester : III/I Tahun pelajaran : 2019/2020 Tema : 1 pertumbuhan dan perkembanagan makhuk hidup Subtema 2 : pertumbuhan dan perkembanagn manusia "Makanan Yang Baik Untuk Dikomsumsi" Makanan penting untuk kesehatan, makanansangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia. makaanan yangpenting untuk pertumbuhan dan menyehatakan adalah makan yang bergizi contoh makanan yang sehat dan bergizi adalah 1. nasi,kentang,jagung,roti,ubi,sagu (makanan pokok) 2. daging, ikan , tahu, tempe, telur, cumi (lauk pauk) 3. kankung, bayam, wortem, dan buncis (sayur-sayuran) 4. jeruk,apel,jambu,anggur,pisang (buah-buahan ) 5. susu, misalnya susu kambing dan susu sapi berikut ini zat-zat gizi dalam makanan sehat yang harus kamu kosumsi sesuai porsinya a. Karbohidrat karbohidrat menghasilkan energi dan tenaga untuk tubuh manusia b. Protein protein terdiri dari 2 jenis ...
KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5, JUMAT 8 JANUARI 2021 MATERI AJAR Kelas : IV Tema : Cita-Citaku Subtema : Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran : 5 Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, SBDP Hari/Tanggal : Jumat, 8 Januari 2021 Assalamu'alaikum... Selamaaatt pagiii.... Jumat berkah... Jangan lupa perbanyak ibadah dan sedekah. Lanjut senam pagi, sarapan terus dhuha dan murojaah ya!! Selamat belajar..!! Kegiatan yang kita sukai dapat menentukan jenis kegiatan dan pekerjaan yang kita cita-citakan. Cita-cita dapat diraih dengan berusaha dan berlatih. Pada kegiatan pembelajaran kali ini kita akan menjelaskan makna yang terkandung dalam puisi dan mengungkapkan makna yang terkandung dalam puisi secara lisan maupun tulisan. Bacalah kembali puisi tentang cita-cita pada pembelajaran yang telah lalu berikut ini. Ayo Membaca Cita-Citaku Karya: Angelica Suara indah alat musik Alunannya tenang mendayu Seakan selalu berbisik Aku selalu ada untukmu Aku suka alat musik itu Karena itu aku ...
KELAS 4 TEMA 4 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1, SELASA 3 NOVEMBER 2020 MATERI AJAR Kelas : IV Tema : Berbagai Pekerjaan Subtema : Pekerjaan Orangtua ku Pembelajaran : 1 Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Hari/Tanggal : Selasa, 3 November 2020 Assalamualaikum... Selamaaaatt pagiii... Semangaaaatt pagii anak sholeh dan sholeha. Semoga di pagi hari ini, anak sholeh dan sholeha lebih semangat belajarnya yaa.. Yuk awali hari ini dengan sarapan, kemudian shalat dhuha dan Murojaah. Agar kita dimudahkan dan dilancarkan di segala kegiatan kita hari ini. Selamat belajar... Dongeng adalah cerita khayalan atau cerita yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng biasanya bersifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan. Pendongeng adalah orang yang menyampaikan dongeng kepada orang lain.Mendengarkan dongeng sangat menyenangkan. Indonesia kaya akan dongeng. Banyak diantaranya yang didongengkan. Tupai dan Ikan Gabus Tupai dan Ikan GabusDah...
Komentar
Posting Komentar