Materi Ajar Kelas 4D Hari Kamis 15 April 2021
KELAS 4 TEMA 9 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3, KAMIS 15 APRIL 2021
MATERI AJAR
TEMATIK
Kelas : IV
Tema : Kayanya Negeriku
Subtema : Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia
Pembelajaran : 3
Muatan Pelajaran : Bahasa indonesia, IPS, PPKn
Hari/tanggal : Kamis, 15 April 2021
Assalamu'alaikum....
Selamaaatt pagiiii.....
😊😊
ALHAMDULILLAH
Hari ini sudah memasuki hari ketiga di bulan Ramadhan yaa..
Semoga anak-anak semuanya bisa berpuasa penuh sampai hari raya nanti.
Dan Alhamdulillah jg hari ini kita masih diberi nikmat sehat.
Yuk doakan bumi segera membaik, agar kita bisa kembali belajar bersama-sama di sekolah.
Yookk laahh semangat pagi,
Jangan lupa shalat dhuha dan murojaah yaa...
Selamat belajaarr...!!
Ayo Membaca
Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak sumber energi. Sumber energi mulai dari minyak dan gas bumi (migas) sampai yang bukan minyak dan gas bumi (nonmigas). Sumber-sumber energi tersebut tersebar di seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia. Kesemuanya harus dimanfaatkan secara bijak demi kesejahteraan penduduknya.
A. Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber-sumber energi yang akan habis. Sumber energi tersebut juga tidak dapat diperbarui lagi. Pada umumnya, minyak dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Contoh lain adalah batu bara, gas alam, dan hasil tambang lainnya. Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber energi yang berasal dari tum buhan dan makhluk hidup yang terpendam selama jutaan tahun. Minyak bumi dan batu bara akan habis jika digunakan secara terus menerus. Dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun agar minyak bumi dan gas agar tersedia lagi.
B. Sumber Energi yang Dapat Diperbarui
Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis meskipun digunakan secara terus-menerus. Sumber energi ini dapat memperbarui diri. Ada pula sumber energi yang bisa diusahakan atau dibuat oleh manusia. Meskipun demikian, kita tetap harus bijak dan hemat dalam menggunakannya. Contoh sumber energi ini adalah air, matahari, hewan dan tumbuhan.
Ayo Berlatih
Matahari merupakan sumber energi yang terbesar bagi bumi. Energi matahari tidak akan pernah habis digunakan. Energi matahari bermanfaat bagi seluruh alam terutama makhluk hidup.Kegiatan ini akan memudahkanmu memahami manfaat energi matahari bagi kehidupan manusia.
Buatlah peta konsepnya dengan mengisi kolom kolom berikut.
1. Manfaat energi matahari bagi Alam :
- Menerangi bumi
- Sebagai Pusat Tata Surya
- Sebagai Sumber Energi tak terbatas bagi alam dan isinya
- Mengeringkan Tanah yang basah setelah diguyur hujan
- Membantu terjadinya siklus air
- Panas matahari menjaga kelangsungan hidup organisme di Bumi.
2. Manfaat energi matahari bagi manusia :
- Membantu manusia untuk mengeringkan Pakaian
- Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Surya
- Membantu petani garam menguapkan air laut yang ada di ladang garamnya
- Membantu petani untuk mengeringkan gabah
- Memberikan vitamin D yang dibutuhkan oleh Tubuh
3. Manfaat energi matahari bagi hewan :
- Untuk menghangatkan tubuh
- Membantu penyerapan kalsium
- Untuk Pertumbuhan
- Membantu proses pencernaan
- Mengeringkan bulu atau rambut
4. Manfaat energi matahari bagi Tumbuhan :
- Membantu proses fotosintesis
- Mengaktifkan Klorofil
- Menjaga temperatur tumbuhan
- Membantu pertumbuhan bunga dan daun
- Menghilangkan air yang ada pada tumbuhan
TUGAS
Berdasarkan bacaan di atas, coba identifikasilah sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu. Untuk mendapatkan jawabannya, kamu bisa melakukan wawancara dengan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu. Kamu akan melakukan wawancara. Wawancara itu untuk memperoleh data mengenai sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu.
Sebelum melakukan wawancara, buatlah 10 pertanyaan untuk ditanyakan pada narasumber.
Tuliskan hasil wawancaramu dalam bentuk berikut.
LAPORAN HASIL WAWANCARA
Tanggal Wawancara : 30 April 2019
Data Hasil Wawancara :
No. | Nama Narasumber | Pertanyaan | Jawaban |
---|---|---|---|
1. | Orang Tua | Hewan apa saja yang masih dapat dijumpai di lingkungan sekitar bapak/ibu? | Ada beberapa hewan seperti kucing, ayam, dan burung |
2. | Ketua RT | Tanaman apa saja yang banyak ditanam warga di pekarangan rumah? | Tanaman yang banyak ditanama di pekarangan rumah adalah tanaman hias |
3. | Ketua RW | Apakah ada kegiatan rutin kerja bhakti untuk membersihkan lingkungan sekitar? | Kerj bhakti dilaksanakan secara rutin sebulan sekali setiap hari Minggu |
4. | Tetangga | Apakah masyarakat sekitar membuang sampah pada tempatnya? | Masyarakat sebagian besar sudah membuang sampah pada tempatnya |
5. | Teman Sekelas | Bagaimana kesadaran masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan lingkungan? | Kesadaran warga sekitarku masih rendah karena ada yang kurang menjaga kebersihan lingkungan |
6. | Anak tetangga | Hewan apa saja yang masih dapat dijumpai di lingkungan sekitarmu? | Ada bebeapa hewan seperti ayam, burung, dan kelinci |
7. | Bapak Guru | Tanaman apa saja yang banyak ditanam warga di pekarangan rumah? | Tanaman buah dan tanaman hias banyak ditanam warga di sekitar rumah |
8. | Ibu Guru | Apakah ada kegiatan rutin kerja bhakti untuk membersihkan lingkungan sekitar? | Ada kegiatan rutin kerja bhakti, namun kadang banyak yang tidak hadir |
9. | Paman | Apakah masyarakat sekitar membuang sampah pada tempatnya? | Hampir semua warga sudah membuang sampah pada tempatnya |
10. | Bibi | Bagaimana kesadaran masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan lingkungan? | Kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan sudah sangat baik |
NARASUMBER WAWANCARA BEBAS YAA...
TIDAK HARUS SEMUA ORANG SEPERTI DI TABEL.
TABEL DIATAS HANYA CONTOH.
KALIAN BISA MENYESUAIKAN DENGAN KEADAAN LINGKUNGAN SEKITAR KALIAN.
Komentar
Posting Komentar