Materi Ajar Kelas 4 D Hari Kamis 7 Januari 2021

 

KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4, KAMIS 7 JANUARI 2020

 MATERI AJAR


Kelas : IV

Tema : Cita-citaku

Subtema : Aku dan Cita-Citaku

Pembelajaran : 4

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia

Hari/Tanggal : Kamis, 6 Januari 2020


Assalamu'alaikum....

Selamat Pagiiii...

Semangaaaatt pagii!!!


Jangan lupaa awali hari dengan sarapan, shalat dhuha dan murojaah ya..


Selamat belajaarr...











Perhatikan gambar di atas! Apa yang dapat kamu ceritakan dari gambar tersebut? Ya, kamu dapat memiliki lebih dari satu cita-cita. Cita-citamu pun tidak harus berupa profesi tertentu. Cita-cita seseorang merupakan impian yang ingin dicapai karena ia memiliki minat dan kesukaan. Minat dan kesukaanmu terhadap bidang ter tentu membantumu meraih cita-cita.


Siti ingin menjadi peneliti di bidang tumbuhan. Ia suka berkebun. Halaman rumahnya ditumbuhi berbagai tanaman. Siti juga suka membaca buku tentang tumbuhan. Bagaimana dengan kegiatanmu di rumah?


Ayo Berlatih
1. Apakah cita-cita atau impianmu?
Saya ingin menjadi Dokter.(hanya contoh)
2. Kegiatan apa saja yang kamu suka lakukan di rumah?
Kegiatan yang saya sukai di rumah adalah ikut membersihkan rumah dan membantu orang tua
3. Kegiatan apa sajakah yang kamu sukai di sekolah?
Kegiatan yang saya sukai di sekolah adalah belajar, membaca buku diperpustakaan dan bermain bersama teman-teman
4. Kegiatan apa yang menurutmu paling sulit dilakukan?
Kegiatan yang paling sulit dilakukan adalah belajar untuk disiplin dalam belajar
5. Jelaskan kegiatan apa saja yang dapat membantumu untuk meraih cita-cita!
Kegiatan yang dapat membantu saya untuk merahi cita cita adalah mengikuti kegiatan les, mengikuti kegiatan dokter kecil dan mengulang pelajaran yang sudah di pelajari di sekolah

Ayo Membaca!
Kisah Sukses Mengatasi Kegagalan

Michael Jordan, Pemain Basket Dunia
Saat duduk di bangku SMA, Michael pernah gagal masuk tim basket sekolahnya. Ia dianggap tidak cukup tinggi untuk memenuhi persyaratan masuk tim kebanggaannya. Dengan usaha yang sangat keras, ia terus berlatih dan berlatih.

Pada saat menjadi pemain basket kelas dunia pun, ia banyak mengalami kegagalan. Ini pengakuannya: “Sepanjang karir saya, lebih dari 9.000 tembakan saya meleset. Saya pernah kalah dalam 300 pertandingan. Paling tidak, 26 kali saya dipercaya untuk melakukan tembakan penentu kemenangan, dan saya gagal. Saya telah berkali-kali mengalami kegagalan. Tetapi karena kegagalan itulah saya berhasil.”

Thomas Alva Edison, Penemu Lampu Listrik
Semasa sekolah ia pernah dikeluarkan dari sekolahnya karena dianggap tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah. Thomas kecil bermasalah dengan pendengarannya. Ia harus berusaha lebih keras dari temantemannya yang lain dengan belajar sendiri di rumah dan membantu ibunya yang miskin.

Dengan belajar sendiri di rumah, Thomas membaca banyak buku yang memacunya melakukan berbagai macam percobaan di bidang sains. Beribu kali ia gagal. Dua ribu kali ia mencoba kembali. Ia tak pernah menyerah. Kegigihannya berbuah manis, sehingga kita dapat menikmati terangnya lampu pijar ciptaannya. Dapatkah kamu bayangkan jika ia menyerah?

Thomas menceritakan rahasia keberhasilannya. “Jika saya ditanya apakah yang dapat membuat seseorang berhasil dalam hidupnya. Jawaban saya sama. Orang itu harus terus menambah kegagalannya. Jika kamu takut gagal, kamu tidak berani mencoba dan berusaha.” Sumber: www.life.com dengan penyesuaian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Apakah mimpi Michael Jordan dan Thomas Alva Edison?
Michael Jordan ingin menjadi pemain basket kelas dunia dan Thomas Alva Edison Ingin mejadi penemu lampu listrik
2. Kegiatan apa saja yang senang dilakukan oleh keduanya?
Keduanya sama-sama berusaha keras, belajar, dan berlatih untuk meraih cita-citanya.
3. Tantangan apa saja yang dihadapi Michael Jordan dan Thomas Alva Edison untuk meraih mimpinya?
Tantangan yang di hadapi Michael Jordan adalah saat duduk di bangku SMA pernah gagal masuk tim basket sekolahnya karena dianggap tidak cukup tinggi untuk memenuhi persyaratan masuk tim kebanggaannya. Sedangkan Thomas kecil bermasalah dengan pendengarannya sehingga ia harus berusaha lebih keras dari teman-temannya yang lain dengan belajar sendiri di rumah dan membantu ibunya yang miskin.
4. Bagaimana cara mereka menghadapi kegagalannya?
Cara mereka menghadapi kegagalan adalah dengan berkerja keras dan berusaha untuk belajar, berlatih dan mencoba dan terus mencoba sehingga meraih kesuksesan

Bagaimana denganmu?
1. Tantangan apa saja yang akan kamu hadapi untuk meraih impianmu?
Tantangan yang saya hadapi dalam meraih impian diantaranya adalah banyak sekali ilmu yang harus saya pelajari.
2. Bagaimana kamu akan menghadapi tantangan tersebut?
Saya akan bersabar dan terus mencoba sampai berhasil

Ayo Mengamati
Beni yang berbadan kecil sangatlah gesit dan tangkas. Dayu yang gemulai, pandai menari. Lihatlah Siti yang lincah, sungguh sigap gerakannya. Lani yang senang berolahraga pun sangat bugar. Kenampakan luar mereka sangatlah beragam. Namun semuanya memberikan manfaat! Perhatikan gambar berikut!
Keragaman Suku Bangsa
Negara Indonesia yang terletak di titik persilangan antara berbagai bangsa menyebabkan beragamnya ras yang ada di Indonesia. Ras berkaitan dengan ciri-ciri fisik atau ciri tubuh. Setiap suku di Indonesia mempunyai ciri fisik yang berbeda. Masyarakat yang tinggal di Pulau Papua dan Pulau Aru merupakan satu kelompok ras yang berbeda dengan kelompok lainnya. Kelompok masyarakat Sakai dari Riau, suku Kubu dari Sumatra Selatan, suku Tomuna dari Pulau Muna, masyarakat Enggano di Bengkulu dan masyarakat Mentawai memiliki kemiripan satu dengan yang lain. Masyarakat Batak, Toraja, dan Dayak ada dalam kelompok ras tersendiri. Demikian juga dengan kelompok masyarakat Madura, Jawa, dan Bali memiliki ciri fisik yang hampir serupa.

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sekelompokmu diskusikan beberapa pertanyaan berikut!
1. Bagaimana keragaman orang-orang yang ada di sekitarmu? Adakah ciri fisik berdasarkan suku asal yang membedakannya?
Keragaman orang-orang yang ada di sekitar saya sangat beragam karena berasal dari suku yang berbeda. Keragaman tersebut berupa warna kulit dan perawakan..
2. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia?
Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia adalah kita lebih mengenal dan menghargai keragaman yang ada di Indonesia
3. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita?
Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita adalah agar dapat bergaul dengan masyarakat di sekitar kita dengan baik
4. Jelaskan hasil diskusimu di depan kelas!
Keragaman orang-orang yang ada di sekitar saya sangat beragam karena berasal dari suku yang berbeda. Keragaman tersebut berupa warna kulit dan perawakan. Dengan mengetahui keragaman yang ada maka kita mendapatkan beberapa manfaat. Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia adalah kita lebih mengenal dan menghargai keragaman yang ada di Indonesia. Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita adalah agar dapat bergaul dengan masyarakat di sekitar kita dengan baik

Ayo Membaca
Perbedaan ciri fisik antarras dan suku bangsa memperkaya keragaman masyarakat Indonesia. Keragaman yang menguatkan satu dengan yang lain sebagai bangsa Indonesia yang berbesar hati hidup rukun dalam perbedaan. Keunikan tersebut disampaikan pada sebuah puisi. Baca dan simaklah puisi berikut!.
Tanah Airku, Tanah yang Beragam
Karya: D. Karitas

Kamu menyebut dirimu orang Toraja
Dia menyebut dirinya orang Papua
Aku menyebut diriku orang Madura
Kami menyebut diri kami, orang Indonesia

Kamu bersyukur dilahirkan di tanah para raja
Dia berterima kasih bergelar Mutiara Hitam
Aku bangga disebut sebagai Punggawa
Kami bersujud dikenal sebagai Nusantara

Tanah airku, tanah titipan para dewa
Tanah airku, tanah pusaka
Tanah airku, tanah yang beragam
Segalanya ada untuk manusia Indonesia

Mari kita rawat ibu pertiwi ini
Mari kita sayangi jagad Nusantara ini
Mari kita pelihara pusaka ini
Demi kita, bangsa Indonesia

Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan.
  1. Bacalah kembali dengan saksama bait pertama puisi tersebut.
  2. Secara bergantian, ceritakan apa yang kamu bayangkan saat kamu membacanya kepada teman sebangkumu. Berdiskusilah.
  3. Tuliskan hasil diskusimu pada bait pertama dalam sebuah paragraf.
  4. Lakukanlah hal yang sama dengan bait-bait yang lain. Gunakan diagram di bawah untuk mencatatnya.
  5. Bacalah kembali makna setiap bait di dalam puisi tersebut. Lalu ringkaslah menjadi satu paragraf yang lain untuk mewakili makna keseluruhan puisi tersebut.
  6. Bacakan hasil diskusimu dengan teman sebangkumu di depan kelas.
Makna puisi bait pertama
Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku seperti Toraja, Papua, Madura, dan lain sebagainya. Walaupun berbeda-beda suku, tetapi tetap sebagai bangsa Indonesia.
Makna puisi bait kedua
Masing-masing suku harus bangga dengan identitas kesukuannya dan semua suku tersebut pada akhirnya dikenal sebagai bangsa Indonesia.
Makna puisi bait ketiga
Negeri Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang beragam. Keragaman tersebut semata-mata untuk kesejahteraan bangsa Indonesia. 
Makna puisi bait keempat
Seluruh warga negara Indonesia berkewajiban merawat, menjaga, dan memelihara negeri Indonesia.
Makna puisi secara keseluruhan
Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku seperti Toraja, Papua, Madura, dan lain sebagainya. Walaupun berbeda-beda suku, tetapi tetap sebagai bangsa Indonesia. Masing-masing suku harus bangga dengan identitas kesukuannya dan semua suku tersebut pada akhirnya dikenal sebagai bangsa Indonesia. Negeri Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang beragam. Keragaman tersebut semata-mata untuk kesejahteraan bangsa Indonesia. Seluruh warga negara Indonesia berkewajiban merawat, menjaga, dan memelihara negeri Indonesia.
Keragaman di Indonesia tidak melulu tentang budaya dan tradisinya. Adanya keragaman alam juga mengakibatkan beragamnya sumber daya alam yang ada. Salah satu sumber daya alam yang tidak terbarukan adalah sumber daya berupa pertambangan. Bahan yang ditambang adalah berbagai jenis mineral dan logam, seperti emas, timah, nikel, batu bara, dan bauksit

Ayo Mengamati
Perhatikan di lingkungan tempat tinggalmu! Carilah informasi tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui di daerahmu! Kemudian, lakukan
  1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 siswa.
  2. Carilah informasi mengenai sumber daya alam yang terdapat di daerahmu.
  3. Tuliskan sumber daya alam yang dapat diperbarui di daerahmu.
  4. Tuliskan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui di daerahmu.
  5. Dimanfaatkan untuk apakah sumber daya alam itu bagi penduduk di daerahmu?
  6. Buatlah laporan hasil diskusi kalian tersebut.

Laporan Hasil Diskusi
Sumber daya alam dikelompokkan menjadi dua yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui/renewable yaitu sumber daya alam yang dapat digunakan berulang-ulang kali dan dapat dilestarikan.Sumber daya alam tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak dapat di daur ulang atau bersifat hanya dapat digunakan sekali saja atau tidak dapat dilestarikan serta dapat punah. Beberapa contoh sumber daya alam yang ada di sekitarku antara lain sebagai berikut.

No.Jenis SDAContoh SDAPemanfaatan SDA
1.Sumber daya alam yang dapat diperbaharuiTumbuhanTumbuhan dimanfaatkan sebagai sumber makanan dan menjaga keseimbangan ekosistem
HewanHewan dimanfaatkan untuk bahan makanan dan diambil tenaganya
AirAir dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan irigasi
TanahTanah dimanfaatkan untuk tempat tinggal dan lahan pertanian.
Sinar MatahariSinar matahari digunakan untuk sumber energi listrik dan proses pembuatan makanan tumbuhan
2.Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharuiMinyak bumiMinyak bumi digunakan sebagai bahan bakar kendaraan
Batu baraBatu bara digunakan sebagai bahan bakar pada pembangkit listrik tenaga uap.
Gas alamMeningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar
AluminiumAluminium digunakan untuk membuat alat rumah tangga dan bahan banunan
GypsumGypsum digunakan untuk bahan obat-obatan, produk kecantikan, hingga material bangunan            

Sebelum belajar matematika hari ini, terlebih dahulu download materi tentang bangun datar DISINI


Nah, kalo sudah di download. Langsung aja deh, dibuka ke halaman 1-7 (sesuai halaman file) atau halaman 103-109 (sesuai halaman buku)


LATIHAN

Mengerjakan soal yang ada di halaman 9 (file) atau halaman 109 (halaman buku), soal yg dikerjakan adalah soal nomor 4 dan 5.

Nomor 4 menggambar bangun datar

Nomor 5 menentukan nama bangun datar.


Nah, kalo sudah di download. Langsung aja deh, dibuka ke halaman 1-7 (sesuai halaman file) atau halaman 103-109 (sesuai halaman buku)ALATI

t

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi ajar kelas 4d hari Senin 8 Mei 2023

Materi ajar kelas 4d hari Kamis 11 Mei 2023

Materi ajar kelas 4d hari Rabu 10 Mei 2023