Materi Ajar Kelas 4 D Hari Kamis 7 Januari 2021
KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4, KAMIS 7 JANUARI 2020
MATERI AJAR
Kelas : IV
Tema : Cita-citaku
Subtema : Aku dan Cita-Citaku
Pembelajaran : 4
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Kamis, 6 Januari 2020
Assalamu'alaikum....
Selamat Pagiiii...
Semangaaaatt pagii!!!
Jangan lupaa awali hari dengan sarapan, shalat dhuha dan murojaah ya..
Selamat belajaarr...
Perhatikan gambar di atas! Apa yang dapat kamu ceritakan dari gambar tersebut? Ya, kamu dapat memiliki lebih dari satu cita-cita. Cita-citamu pun tidak harus berupa profesi tertentu. Cita-cita seseorang merupakan impian yang ingin dicapai karena ia memiliki minat dan kesukaan. Minat dan kesukaanmu terhadap bidang ter tentu membantumu meraih cita-cita.
Siti ingin menjadi peneliti di bidang tumbuhan. Ia suka berkebun. Halaman rumahnya ditumbuhi berbagai tanaman. Siti juga suka membaca buku tentang tumbuhan. Bagaimana dengan kegiatanmu di rumah?
Saya ingin menjadi Dokter.(hanya contoh)
Kegiatan yang saya sukai di rumah adalah ikut membersihkan rumah dan membantu orang tua
Kegiatan yang saya sukai di sekolah adalah belajar, membaca buku diperpustakaan dan bermain bersama teman-teman
Kegiatan yang paling sulit dilakukan adalah belajar untuk disiplin dalam belajar
Kegiatan yang dapat membantu saya untuk merahi cita cita adalah mengikuti kegiatan les, mengikuti kegiatan dokter kecil dan mengulang pelajaran yang sudah di pelajari di sekolah
Michael Jordan ingin menjadi pemain basket kelas dunia dan Thomas Alva Edison Ingin mejadi penemu lampu listrik
Keduanya sama-sama berusaha keras, belajar, dan berlatih untuk meraih cita-citanya.
Tantangan yang di hadapi Michael Jordan adalah saat duduk di bangku SMA pernah gagal masuk tim basket sekolahnya karena dianggap tidak cukup tinggi untuk memenuhi persyaratan masuk tim kebanggaannya. Sedangkan Thomas kecil bermasalah dengan pendengarannya sehingga ia harus berusaha lebih keras dari teman-temannya yang lain dengan belajar sendiri di rumah dan membantu ibunya yang miskin.
Cara mereka menghadapi kegagalan adalah dengan berkerja keras dan berusaha untuk belajar, berlatih dan mencoba dan terus mencoba sehingga meraih kesuksesan
Tantangan yang saya hadapi dalam meraih impian diantaranya adalah banyak sekali ilmu yang harus saya pelajari.
Saya akan bersabar dan terus mencoba sampai berhasil
Keragaman orang-orang yang ada di sekitar saya sangat beragam karena berasal dari suku yang berbeda. Keragaman tersebut berupa warna kulit dan perawakan..
Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia adalah kita lebih mengenal dan menghargai keragaman yang ada di Indonesia
Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita adalah agar dapat bergaul dengan masyarakat di sekitar kita dengan baik
Keragaman orang-orang yang ada di sekitar saya sangat beragam karena berasal dari suku yang berbeda. Keragaman tersebut berupa warna kulit dan perawakan. Dengan mengetahui keragaman yang ada maka kita mendapatkan beberapa manfaat. Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia adalah kita lebih mengenal dan menghargai keragaman yang ada di Indonesia. Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita adalah agar dapat bergaul dengan masyarakat di sekitar kita dengan baik
Tanah Airku, Tanah yang BeragamKarya: D. KaritasKamu menyebut dirimu orang TorajaDia menyebut dirinya orang PapuaAku menyebut diriku orang MaduraKami menyebut diri kami, orang IndonesiaKamu bersyukur dilahirkan di tanah para rajaDia berterima kasih bergelar Mutiara HitamAku bangga disebut sebagai PunggawaKami bersujud dikenal sebagai NusantaraTanah airku, tanah titipan para dewaTanah airku, tanah pusakaTanah airku, tanah yang beragamSegalanya ada untuk manusia IndonesiaMari kita rawat ibu pertiwi iniMari kita sayangi jagad Nusantara iniMari kita pelihara pusaka iniDemi kita, bangsa Indonesia
- Bacalah kembali dengan saksama bait pertama puisi tersebut.
- Secara bergantian, ceritakan apa yang kamu bayangkan saat kamu membacanya kepada teman sebangkumu. Berdiskusilah.
- Tuliskan hasil diskusimu pada bait pertama dalam sebuah paragraf.
- Lakukanlah hal yang sama dengan bait-bait yang lain. Gunakan diagram di bawah untuk mencatatnya.
- Bacalah kembali makna setiap bait di dalam puisi tersebut. Lalu ringkaslah menjadi satu paragraf yang lain untuk mewakili makna keseluruhan puisi tersebut.
- Bacakan hasil diskusimu dengan teman sebangkumu di depan kelas.
Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku seperti Toraja, Papua, Madura, dan lain sebagainya. Walaupun berbeda-beda suku, tetapi tetap sebagai bangsa Indonesia.
Masing-masing suku harus bangga dengan identitas kesukuannya dan semua suku tersebut pada akhirnya dikenal sebagai bangsa Indonesia.
Negeri Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang beragam. Keragaman tersebut semata-mata untuk kesejahteraan bangsa Indonesia.
Seluruh warga negara Indonesia berkewajiban merawat, menjaga, dan memelihara negeri Indonesia.
Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku seperti Toraja, Papua, Madura, dan lain sebagainya. Walaupun berbeda-beda suku, tetapi tetap sebagai bangsa Indonesia. Masing-masing suku harus bangga dengan identitas kesukuannya dan semua suku tersebut pada akhirnya dikenal sebagai bangsa Indonesia. Negeri Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang beragam. Keragaman tersebut semata-mata untuk kesejahteraan bangsa Indonesia. Seluruh warga negara Indonesia berkewajiban merawat, menjaga, dan memelihara negeri Indonesia.
- Buatlah kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 siswa.
- Carilah informasi mengenai sumber daya alam yang terdapat di daerahmu.
- Tuliskan sumber daya alam yang dapat diperbarui di daerahmu.
- Tuliskan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui di daerahmu.
- Dimanfaatkan untuk apakah sumber daya alam itu bagi penduduk di daerahmu?
- Buatlah laporan hasil diskusi kalian tersebut.
No. | Jenis SDA | Contoh SDA | Pemanfaatan SDA |
---|---|---|---|
1. | Sumber daya alam yang dapat diperbaharui | Tumbuhan | Tumbuhan dimanfaatkan sebagai sumber makanan dan menjaga keseimbangan ekosistem |
Hewan | Hewan dimanfaatkan untuk bahan makanan dan diambil tenaganya | ||
Air | Air dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan irigasi | ||
Tanah | Tanah dimanfaatkan untuk tempat tinggal dan lahan pertanian. | ||
Sinar Matahari | Sinar matahari digunakan untuk sumber energi listrik dan proses pembuatan makanan tumbuhan | ||
2. | Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui | Minyak bumi | Minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar kendaraan |
Batu bara | Batu bara digunakan sebagai bahan bakar pada pembangkit listrik tenaga uap. | ||
Gas alam | Meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar | ||
Aluminium | Aluminium digunakan untuk membuat alat rumah tangga dan bahan banunan | ||
Gypsum | Gypsum digunakan untuk bahan obat-obatan, produk kecantikan, hingga material bangunan |
Sebelum belajar matematika hari ini, terlebih dahulu download materi tentang bangun datar DISINI
Nah, kalo sudah di download. Langsung aja deh, dibuka ke halaman 1-7 (sesuai halaman file) atau halaman 103-109 (sesuai halaman buku)
LATIHAN
Mengerjakan soal yang ada di halaman 9 (file) atau halaman 109 (halaman buku), soal yg dikerjakan adalah soal nomor 4 dan 5.
Nomor 4 menggambar bangun datar
Nomor 5 menentukan nama bangun datar.
Nah, kalo sudah di download. Langsung aja deh, dibuka ke halaman 1-7 (sesuai halaman file) atau halaman 103-109 (sesuai halaman buku)ALATI
to
Komentar
Posting Komentar