MATERI AJAR KELAS 3 A HARI SELASA 25 FEBRUARI 2020


Hari / Tanggal                Selasa 25 Februari 2020
Tema (6)                        Energi dan Perubahannya
Sub Tema (4)                 Penghematan Energi
PB Ke                            2


Materi  Ajar

Bahasa Insssdonesia

Menuliskan 5 pemborosan energi


Hemat adalah sikap yang sesuai dengan pengamalan sila ke-5 Pancasila. Contoh butir pengamalannya adalah tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan.

manusia agar tidak melakukan pemborosan. Seseorang yang melakukan pemborosan berarti tidak peduli dengan orang lain. Selain itu, juga tidak peduli dengan alam yang kita tempati.  Padahal, alam ini merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup.


Tuliskan 5 kegiatan yang termasuk pemborosan energi! Tuliskan pula saran perbaikan untuk perilaku tersebut!

No               Perilaku pemborosan                                              Saran perbaikan 
                    Bermain mainan yang menggunakan                  Bermain permainan yang tidak                                                                                                                   menggunakan energi listrik
1



2



3


4


5


Gunakan kata-kata berikut dalam ceritamu


Hemat  energi  pemborosan  lingkungan  kewajiban  listrik    energi alternatif 

PPKn

Sikap pemborosan energi

Matikan lampu tidak dibutuhkan

Mungkin banyak di antara Anda yang sering diomeli orang tua karena lupa mematikan lampu setelah meninggalkan ruangan. Itu bukan berarti orang tua Anda pelit. Pencahayaan memiliki peran 11 % dari tagihan listrik di rumah. Dengan mematikan lampu, berarti Anda menghemat energi serta memperpanjang masa hidup lampu. Jangan lupa untuk mematikan lampu pada siang hari, maksimalkan penggunaan cahaya alami.

Beralih ke lampu hemat energi

Hampir setiap hari komputer dipakai oleh para karyawan. Bahkan komputer tetap menyala mulai pagi hingga malam. Komputer sama seperti manusia, dia juga harus beristirahat. Matikan monitor Anda jika sudah tidak dipakai selama lebih dari 20 menit. Selain menghemat energi hal ini juga akan mengurangi keausan pada hardware dan memperpanjang hidup komputer Anda.

Gunakan laptop dibandingkan komputer

Laptop hanya menggunakan 15 sampai 25 watt listrik, dibandingkan dengan seperangkat komputer yang menghabiskan 150 watt. Laptop juga menghabiskan daya yang kecil pada modus tidur.

Berhemat

Anda bisa menggunakan tas belanja sendiri saat berbelanja daripada menggunakan kantong plastik yang tidak bisa terurai. Jika memungkinkan untuk berjalan kaki, sebaiknya Anda berjalan daripada menggunakan kendaraan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar, kemacetan dan polusi.

Masih banyak cara lain untuk menghemat energi. Mulai sekarang gunakanlah energi seefisien mungkin agar bumi tetap ramah pada manusia.

















                    .
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi ajar kelas 5C hari kamis 25 Januari 2024

Materi ajar kelas 5C hari Kamis 16 mei 2024 tema 9 subtema 3 PB 1

Materi ajar kelas 5C hari Selasa 14 mei 2024