MATERI KELAS III

Selasa, 30 Juli 2019

1. Pertumbuhan Kucing

Pertumbuhan pada hewan ditandai dengan bertambah besar, berat dan tinggi. Pertumbuhan hewan berbeda-beda. Ada perubahan hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk misalnya ayam, dan ada juga hewan yang mengalami perubahan bentuk misalnya: kupu-kupu.

Pertumbuhan Kucing
Hari ini Siti senang sekali. Kucing peliharaan Siti melahirkan 5 anak kucing yang lucu. Anak kucing yang dilahirkan memiliki warna yang berbeda. Tiga anak kucing berwarna putih seperti induknya. Satu anak kucing berwarna hitam. Satu anak kucing lainnya berwarna belang.

Siti senang memelihara kucing karena kucing termasuk hewan yang pintar. Siti menyiapkan tempat tinggal kucing dan menjaga kebersihannya. Setiap hari Siti memberi makan, minum, dan memandikan kucingnya secara teratur.

Kucing peliharaan Siti tumbuh besar. Kucing Siti mengalami pertumbuhan. Siti menyayangi dan menjaga hewan peliharaannya.
Pertumbuhan KucingAnak kucing Siti berwarna macam-macam. Warna anak kucing tidak semuanya sama dengan warna induknya. Hal ini dikarenakan warna anak kucing dipengaruhi oleh warna induk jantan dan betina. Jadi tidak hanya warna induk betina saja yang muncul, tapi juga warna induk jantan, dan campuran keduanya.  Kucing memiliki ciri-ciri kulit berrambut,berkembang biak dengan cara melahirkan,menyusui,bernafas dengan paru paru dan berkaki empat. contoh hewan yang memiliki kesamaan ciri dengan kucing diantaranya adalah sapi, kambing, monyet, kuda, dan kerbau. Kelompok hewan dengan kesamaan ciri tersebut disebut dengan mamalia.


2. Memberikan Pendapat tentang sikap saling membantu teman
Bermain Lompat Tali
Setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang dapat melompat setinggi pinggang juga kepala. Ada juga yang belum bisa melompat.
Kita harus menghargai perbedaan kemampuan teman kita. Mengajak berlatih bersama untuk meningkatkan kemampuan adalah hal baik yang dapat kamu lakukan. Mengajak berlatih bersama merupakan salah satu sikap saling menghargai kemampuan teman. Jika kita selalu menjaga sikap saling menghargai, maka kita dapat menjalin pertemanan dengan baik.


Allah sangat menyayangi anak yang suka menolong. Allah juga sangat senang terhadap anak yang menghargai temannya, menyayangi dan menghargai teman termasuk melaksanakan perintah tuhan. 
Menyayangi dan menghargai teman juga termasuk pengamalan sila-sila Pancasila. Tahukah kamu menghargai dan menyayangi termasuk pengamalan sila Pancasila yang mana?

Berdiskusi
Kamu melihat temanmu mengalami kesulitan saat mengikuti permainan lompat tali. Sikap yang akan kamu lakukan adalah...

Kita harus menghargai perbedaan kemampuan teman kita. Ketika ada teman yang kesulitan saat mengikuti permainan lompat tali sebaiknya kita membantunya agar dia dapat mengikuti permainan.

Saling menghargai dan menyayangi adalah sikap yang harus dilakukan. Semua perbedaan ini diciptakan oleh Tuhan yang harus kita syukuri sebagai ucapan terima kasih kita padaNya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi ajar kelas 5C hari kamis 25 Januari 2024

Materi ajar kelas 5C hari Kamis 16 mei 2024 tema 9 subtema 3 PB 1

Materi ajar kelas 5C hari Selasa 14 mei 2024